Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI dan LPPOM MUI telah membuat komitmen bersama Paguyuban Pedagang Bakso DKI Jakarta mengenai pembangunan Pusat Inkubasi Syariah (PINBAS) Bakso Halal Pasar Minggu, pada Senin, 1 Mei 2017, di Aula lantai 4 MUI, Proklamasi, Jakarta Pusat. Rencananya, PINBAS Bakso Halal Pasar Minggu ini merupakan contoh teladan PINBAS Bakso halal pertama di Indonesia.

 “Acara ini masih satu rangkaian dari tindak lanjut Kongres Ekonomi Umat pada akhir April 2017 lalu,” kata Delmenita, Wakil Sekretaris Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI, saat memberikan sambutan acara ini.

Dalam acara tersebut, Ketua LPPOM DKI Jakarta Ir. Hj. Osmena Gunawan menjelaskan berbagai kriteria Standard Operasional Prosedur (SOP) atas Standard Sistem Jaminan Halal (SJH) kepada puluhan Pengusaha Bakso di Jakarta Selatan. Di antara pengusaha Bakso yang ikut dalam PINBAS Bakso Halal ini adalah Haji Suwarman (Bakso Rahayu), Erfan Setiawan (Bakso Titoti), Karman (Bakso Mantep), Trimo (Bakso Obama), dan berbagai pengusaha Bakso lainnya.

Rencananya, menurut Haji Suwarman, Ketua Paguyuban Bakso DKI Jakarta, tindak lanjut dari kegiatan ini, PINBAS Bakso Halal yang akan berlokasi di Pasar Minggu ini akan membuat lokasi khusus yang membuat penjaminan halal seluruh proses pembuatan Bakso. “Sejak dari pemasok daging, penggilingan, hingga pengolahan akhir Bakso, akan dibina oleh Standard operasional Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI,” pungkas Haji Suwarman, Ketua Paguyuban Pedagang Bakso DKI Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here