MENGENAL TIPE ULAMA/KIYAI

Ada lima macam Kyai ( Ulama’ atau Ustad ) yaitu :

1. Kyai TANDUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang berjuang memiliki pondok pesantren, yayasan, lembaga, pendidian, organisasi, majelis ta’lim termasuk juga majelis dzikir dan ilmu. Dan tanpa tendensi apapun Beliau hanya memikirkan umat agar tau hukum hukum Allah, senantiasa karena Allah (fisabilillah) semata.

2. Kyai SEMBUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tidak punya pondok pesantren maupun majelis ta’lim, kyai sembur sendiri biasanya seorang tokoh panutan masyarakat yang dihormati karena alim dan memiliki suri tauladan yang baik, banyak dijadikan rujukan masyarakat utuk datang kepadanya.

3. Kyai WUWUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tidak mengerti politik tapi terjun ke dunia politik, biasanya Kyai seperti ini akan menjadi alat politik dan kekuasaan dan akan menjadi korban politik.

4. Kyai CATUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tahu politik , bukan untuk diri sendiri akan tetapi lebih kepentingan Umat.

5.Kyai NUTUR yatu Ulama, Kyai atau Ustad yang komersial dan materialistis, doyan makan bantuan atau sumbangan baik sumbangan Umat maupun pemerintah yg semuanya didasari materi yang disuguhkan, dan tidak amanah hanya untuk kepentingan Finansial hasil dari mengajar untuk kepentingan Pribadi, bahkan dan kemana mana suka bawa proposal, demi menumpuk kepentingan Pribadi.

Yng harus dijaga oleh NU adalah Kyai TANDUR & Kyai SEMBUR, Karena kedua Kyai tersebut yang akan memelihara NU

Semuga mamfaat untuk kita semua… amiiiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here